The Role of Principal Leadership as a Motivator in Improving Teacher Performance in Public School and Madrasah
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Peningkatan Kinerja Guru pada Sekolah Umum dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i2.320Keywords:
Peran Kepemimpinan, Motivasi;, ProfesionalitasAbstract
Pendidikan yang bermutu memerlukan kepemimpinan yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi guru untuk mencapai kinerja yang optimal. Artikel ini menguraikan peran penting kepemimpinan dalam pendidikan, dengan fokus pada kepala sekolah sebagai pemimpin utama di lingkungan sekolah. Melalui tinjauan pustaka, artikel ini menyoroti tujuh peran utama kepala sekolah, termasuk sebagai pendidik, manajer, administrator, pengawas, pemimpin, wirausahawan, dan pembangun iklim sekolah yang kondusif. Selain itu, artikel ini membahas peran kepala sekolah sebagai motivator untuk meningkatkan kinerja guru, dengan merancang lingkungan sekolah yang mendukung, menciptakan suasana kerja yang harmonis, menanamkan kedisiplinan, memberikan dorongan, dan memberikan penghargaan kepada guru. Terakhir, artikel ini menekankan pentingnya profesionalisme dan kinerja guru dalam menentukan kualitas pendidikan, dengan memperkuat standar kompetensi yang harus dimiliki guru dalam kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam memotivasi dan mendukung guru dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan keberhasilan siswa.
Downloads
References
Arfah Dina, Dendi yohanda, Julia Fitri, Masrifatul umnia Hakiki, and Sukatin. 2022. “Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Edukasi Nonformal 3.
Amrullah, A. M. K., Wadimah, S., & Zainudin, M. (2023). Empowering Self-Reliant Students: Navigating the Covid-19 Era as Autonomous Santri. Information Sciences Letters, 12(7), 2759-2767.
Audi Hifi Veirissa. 2021. “Kualitas Guru Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 267–72.
H. Aan Hartawan. 2020. “Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(2).
Helda Rina, Rendy Rinaldy, Saputra, and Romi Darmanto. 2020. “Pengaruh Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Effect of Motivation and Principal Leadership Styles on Teacher Performance.” Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) 5.
Muhammad Rizal, and Syaiful Bakhri. 2023. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Kinerja Guru Di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang.” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):50–63. doi: 10.54396/alfahim.v5i2.644.
Prita Indriawati, Nurliani Maulida, Dias Nursita Erni, and Wanda Haditiya Putri. 2022. “Kinerja Guru Dalam Mutu Pendidikan Di SMAN 02 Balikpapan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3(3). doi: 10.30596/jppp.v3i3.12795.
Ramli, Akhmad. 2022. Keorganisasian Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. I. Makasar: Mitra Ilmu.
Rinawati Zailani, Amini Amanatun, and Choirun Nisaa’. 2023. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru: Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Pelangi Pendidikan 1(2):58–67.
Saefudin. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 1(1):1–14. doi: 10.61444/jmpt.v1i1.2.
Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1(3):258–64. doi: 10.37985/jer.v1i3.30.
Tarhid, Tarhid. 2017. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Jurnal Kependidikan 5(2):141–55. doi: 10.24090/jk.v5i2.1931.
Tri Ulfa, and Ardika Adiputra Ramadhansyah. 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7.
Muhammad Yunus. 2016. “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 19(1):112–28. doi: 10.24252/lp.2016v19n1a10.
Zumrotu Faizah, Muhammad Hanif, and Lia Nur Atiqoh Bela Dina. 2019. “PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADARSAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ AL-ASYHAR MALANG.” JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafizhah Zahro’ R, Muhammad Wildan A , M Sholih Salimul Uqba Diah Mahardika Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.