Strategy of Indonesia, Japan and Finland, Implementing Leading Schools in Total Quality Management

Strategi Negara Indonesia, Jepang Dan Filandia, Menerapkan Sekolah Unggulan Dalam Total Quality Manajemen

Authors

  • M. Irsyad Maulana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Iffah Maulana Putri Hanum Soumena Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i2.277

Keywords:

Sekolah Unggulan, Indonesia, Jepang, Finlandia, Total Quality Manajemen

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan sistem pendidikan di Finlandia, Jepang, dan Indonesia dalam konteks penerapan Total Quality Management (TQM) untuk menciptakan sekolah teladan. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber terpercaya mengenai pendekatan pendidikan masing-masing negara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun negara ketiga memiliki prinsip yang berbeda—Finlandia menekankan aksesibilitas dan kesetaraan, Jepang fokus pada disiplin dan pengembangan karakter, dan Indonesia mengutamakan pengembangan keterampilan hidup—semuanya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip dari sistem pendidikan lain dapat membantu reformasi pendidikan di Indonesia. Kesimpulan yang diambil adalah pentingnya setiap negara terus menyesuaikan dan memperbarui sistem pendidikannya agar selaras dengan perkembangan global dan kebutuhan masyarakat, dengan demikian memastikan pendidikan berfungsi sebagai alat yang efektif untuk pembangunan sosial dan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33650/jumpa.v1i2.1200

Absawati, H. (2020). TELAAH SISTEM PENDIDIKAN di FINLANDIA : PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA JENJANG SEKOLAH DASAR. 3(2), 64–70. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2136

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Agussani. (2019). PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf

Ahmad, H., & Setiawan, W. (2022). EKSPLORASI PENDIDIKAN FINLANDIA SEBAGAI LESSON LEARNT UNTUK PENDIDIKAN INDONESIA. Center of Education Jurnal, 1(8), 53–56. https://doi.org/10.7868/s0207352813080064

Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382

Al, J., & Hikmah, W. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF GURU DENGAN PRAKTISI DALAM PENDIDIKAN SENI MELALUI BATIK PADA KURIKULUM MERDEKA The Influence of Collaborative Learning between Teachers and Practitioners in Art Education through Batik within the Merdeka Curriculum. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik.

Amelia Innayah, Zamzam Mustofa, & Mukminin, A. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan Tkr (Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut) Dan Tokr (Teknik Otomotif Dan Kendaraan Ringan) Di Man 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, 7(1), 24–32. https://doi.org/10.52802/twd.v7i1.524

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Andriani, & Mokhtar, M. (2019). Pelaksanaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Jpd, 10(2), 69–85.

Anggelia, S., Ridwan, Z., & Mutarom, T. (2024). Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia dalam Studi Komperatif dengan Negara Jepang, Finalandia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 265–270.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Asiva Noor Rachmayani. (2021). PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP. 6.

Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah melalui Satuan Otonomi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 109–117. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.437

Candra Dewi, A., Arfah Maulana, A., Nururrahmah, A., Muh Farid Naufal, A., Fadhil, M. S., Studi Teknik Komputer, P., Teknik Informatika dan Komputer, J., Teknik, F., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 06(01), 9725–9734.

Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 268–282. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.665

Hadijaya, Y., Fahada, N., Iman, M., Irwansyah, I., & Nasution, R. H. (2024). Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1), 95–92. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.700

Hanggoro, D. (2022). Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Sistem Pendidikan Jepang : Memajukan Pendidikan Bangsa. Jurnal Exponential, 3(2), 363–373.

Harahap, A. N., Ananda, A., Gistituati, N., Rahmawati, T., Nusantara, U. G., Sosial, F. I., Padang, U. N., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., Artikel, I., Pendidikan, S., Jepang, S. P., Indonesia, S. P., Suzana, Y., Harefa, D., & Education, J. (2024). Perbandingan sistem pendidikan negara jepang dan indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, 12(1), 386–390.

Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis Faktor Penghambat dan Upaya untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162–3169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.190

Indadihayati, W., & Hariyanto, V. L. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi: Tantangan Dan Peluang. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i1.1029

Indah, A., Rahmawati, A., & Sobri, A. Y. (2019). Hubungan Persepsi dan Sikap dengan Motivasi Peserta Didik Melanjutkan Sekolah Menengah Atas Negeri Unggulan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(1), 5–12.

Kamuli, S., Wantu, S. M., Hamim, U., Djafar, L., Sahi, Y., & Dahiba, H. (2023). Pemberdayaan Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Dana Desa Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Momalia Kecamatan Posigadan Provinsi Sulawesi Utara. Jambura Journal Civic Education, 3(2), 279–293. https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i2.21827

M. Nugroho Adi Saputro, B. H. (2022). Pengembangan System Penjaminan Mutu Pendidik Untuk Menciptakan Seorang Pendidik Yang Professional. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 375.

Maylitha, E., Hikmah, S. N., Hanifa, S., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3667

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Purnama, A. Y., Saputri, R., & Susanti. (2023). Problematika Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 133–145. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.599

Rahmanto, M. A. (2021). Pelatihan TQM Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Jurnal SOLMA, 10(03), 414–422. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/7316%

Rahmi, S. (2019). Total Quality Management Dalam Memajukan Pendidikan Islam. Intelektualita, 3(1), 242999.

Risna Dewi, N. W., Windayani, N. L. I., Laia, B., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2023). Analisis Kurikulum pada Sistem Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia dan Jepang. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 907–921. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2859

Rohil Zilfa. (2023). ANTARA TRADISI DAN MODERNITAS: ANALISIS PERBANDINGAN PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIA, INGGRIS, JEPANG DAN MALAYSIA. 5(3), 396–407.

Rurisman, Ananda, A., Gistituati, N., Rusdinal, & Yerizon. (2024). Studi Komparatif Sistem Pendidikan Indonesia dan Jepang. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12(1), 408–412.

Setiawan, N. (2021). Determinasi Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai: Total Quality Management Dan Gaya Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(3), 372–389. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i3.690

Silaen, A. (2021). Paradigma Sosial Pembelajaran Pasca Pandemi Bagi Peserta Didik di Sekolah. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i2.412

Sri Nurhayati. (2023). Pendidkan Sepanjang Hayat (p. 33). erfina riyanti. https://books.google.co.id/books

Sumiyaty, S., Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, & Wahyuning Tri Mardiyanti. (2023). Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dengan Negara-Negara OECD. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(2), 140–156. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i2.7256

Suyono, A., Prabowo, A. E., & Nurhuda, N. (2023). Sistem Pendidikan Eropa: Studi Sistem Pendidikan Di Finlandia. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 11(2), 88–96.

Veronika, D., Achmar, Z., Salahuddin, F., & Citta, A. B. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Total Quality Management Pada Politeknik Maritim AMI Makassar. Journal of Social Science Research, 3, 6331–6342.

Yustiva, F., Yusuf, F. A., Hayadi, B. H., Rahmulyana, A., Hendrawati, T., Masquroh, H., & Bina Bangsa, U. (2024). Peran Manajemen Keuangan Di Sdn Cilegon 2 Dalam Meningkatkan Inovasi Keuangan Di Dunia Pendidikan. Bhinneka Multidisiplin Journal Indonesian Journal of Multidisciplinary Research and Review Bhinneka Multidisiplin Journal, 1(3), 130–136. https://doi.org/10.53067/bmj.v1i3.14

Zahroh, A. (2014). Manajemen Sekolah Unggulan: Strategi Pengembangan Kapasitas Sekolah Menuju Pendidikan Bermutu. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.147-162

Zaki, C., Ummah, K., Ap, I. M., & Sodiq, A. (2024). Inflasi : Jurnal Ekonomi , Manajemen dan Perbankan Total Quality Management ( TQM ): Filosofi , Evolusi , dan Pendekatan Strategis Inflasi : Jurnal Ekonomi , Manajemen dan Perbankan. 1, 10–20.

Published

2024-12-07

How to Cite

M. Irsyad Maulana, Abdul Malik Karim Amrullah, & Iffah Maulana Putri Hanum Soumena. (2024). Strategy of Indonesia, Japan and Finland, Implementing Leading Schools in Total Quality Management: Strategi Negara Indonesia, Jepang Dan Filandia, Menerapkan Sekolah Unggulan Dalam Total Quality Manajemen . Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(2), 94–107. https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i2.277

Issue

Section

Articles