Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Kelas A-K Semester V Terhadap Penggunaan Kitab Kifayatul Ashhab Untuk Pembelajaran Nahwu Iv
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Kelas A-K Semester V Terhadap Penggunaan Kitab Kifayatul Ashhab Untuk Pembelajaran Nahwu Iv
DOI:
https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i2.62Keywords:
Persepsi, Bahan Ajar, NahwuAbstract
Dalam melakukan proses pembelajaran Bahasa Arab tentunya ada beberapa faktor yang mendukung maupun menghambat dalam proses pembelajarannya. Salah satunya yaitu digunakannya bahan ajar sebagai sumber maupun media dalam pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti difokuskan pada persepsi mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berupa kitab Kifayatul Ashhab dalam proses pembelajaran. Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah dikarenakan proses pembelajaran yang digunakan di dalam kelas cenderung klasik dan membosankan sehingga menimbulkan berbagai persepsi di kalangan para mahasiswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap penggunaan kitab Kifayatul Ashhab dan bagaimana penerapan kitab Kifayatul Ashhab sebagai satu-satunya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran.
Penulisan karya ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai perepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab terhadap Kitab Kifaytul Ashhab dalam pembelajaran Nahwu IV pada kelas A-k. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti pada karya ini adalah teknik interview / wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pembelajaran Nahwu IV dengan menggunakan bahan ajar kitab merupakan hal yang yang membosan kan dan menyulitkan bagi mayoritas mahasiswa yang ada di dalam kelas. Sementara itu, mengenai penerapan bahan ajar kitab ini ditekankan pada metode yang digunakan dan evaluasinya
Downloads
References
Arifa, Zakiyah dan Chamidah, Dewi, ‘Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk Tingkat Perguruan Tinggi’, 2010
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016)
Nurtjahjanti, Harlina, ‘Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harga Dan Kualitas Produk Dengan Minat Membeli Produk Fashion Onlineshop Di Facebook Pada Mahasiswa Politeknik X Semarang’, Jurnal Psikologi Undip, 11 (2012), 1–8 <https://doi.org/10.1016/S0008-8846(99)00137-4>
Pransiska, Toni, ‘KONSEP I’RAB DALAM ILMU NAHWU (Sebuah Kajian Epistemologis)’, 1 (2015) <https://doi.org/10.15121/amjpba.2015.151.>
Sadjati, Ida Malati, ‘Hakikat Bahan Ajar’, Modul Pengembangan Bahan Ajar, 2012, 1–62
Sehri, Ahmad, ‘METODE PENGAJARAN NAHWU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB’, 2010
Setyawan, Cahya Edi, ‘Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab Menggunakan Metode Induktif Berbasis Istilah-Istilah Linguistik’, Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 4 (2015), 81–95
Tarmiji, Muhammad Nasir Basyah, and Muhammad Yunus, ‘PERSEPSI SISWA TERHADAP KESIAPAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh)’, 1 (2016), 41–48 <https://doi.org/10.1002/ecy.1587>
Tebak, Permainan, Tepat Pasanganmu, Pada Peserta, Didik Kelas, X I Ipa- Man, Izzatun Nisa, and others, ‘Journal of Arabic Learning and Teaching’, 4 (2015), 36–40
Yayan Nurbayan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, 2008 <https://doi.org/10.1016/j.econlet.2010.11.027>
Yazid Puspita, Tantri, and Ridwan, ‘Proses Persepsi Diri Mahasiswi Dalam Berbusana Muslimah’, Jurnal Pemikiran Islam, 41 (2017), 193–201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Faizah Munawaroh, Ahmad Fawaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.