The Role of the Head of State Madrasahs in Improving the Quality of Learning in Junior Madrasahs in Indonesia

Peran Kepala Madrasah Negeri dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah di Indonesia

Authors

  • Holikul Mubin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Vivi Putri Irfani
  • Naila Faizah Salsabila

DOI:

https://doi.org/10.69966/mjemias.v4i1.344

Abstract

This study intends to analiyze and identify the role of prinscipals in Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) in Indonesia. The reseach is significant in providing insights for school principals and polymakers to determine appropriate strategies for improving the quality of education. A qualitative reseach method with a systematic literature review approach was employed, with data collected through an analysis of 19 articles relevant to the role of principals in Madrasah Tsanawiyah Negeri in Indonesia. The findings reveal that the principal’s roles as a motivator, innovator, manager, and supervisor positively enhance education quality, despite certain challenges and obstacles. School principals need to strengthen school-based management and academic supervision to improve the quality of learning at Madrasah Tsanawiyah Negeri in Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman*, Usamah bin Muhammad. 2023. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo.” Jurnal Educatio 9(4):1849–56. doi:10.58578/arzusin.v3i4.1211.

Ahmad Fawaid Musthofal Arif, Fatkhulloh Abdul Malik, Muhamad Khoirur Roziqin. 2022. “Pengaruh Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTsN 13 Jombang Tahun 2020.” Journal of Education and Management Studies 5(1):2020–23.

Anggarini, Ida Fitri. 2024. “Fostering Translating Skills to Young Learners : A Case Study.” 3(1):13–26. doi:10.37058/jelita.v3i1.9624.

Arbani, A. 2023. “Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Mandailing Natal.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2):10066–72.

Bunyamin, Andi, Muhammad Said, Masdar Masud, and Muhammad Yusuf. 2021. “Tipologi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pada MTS.N 1 Makassar Sulawesi Selatan.” Journal of Gurutta Education (JGE) 1(2).

Fatahilah, Fatahilah. 2024. “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah.” Journal on Education 6(2):10992–1. doi:10.31004/joe.v6i2.4834.

Hakim, Luqman. 2023. “PERANAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI 3 PASER TAHUN 2023.” 1–10.

Happy Wulandari1, Khairun nisa2, Afrahul Fadillah Daulay3. 2024. “FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCERDASKAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MTs PAB 2 SAMPALI.” Esensi Pendidikan Inspiratif 6(2):343.

Haq, Abdul. 2023. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karawang.” Jurnal Riset Manajemen Dan Teknologi Pendidikan Indonesia 1(1):9–16. doi:10.61398/jrmtp-id.v1i1.22.

Haq, Ahmad Matinul, and Muhammad Sholeh. 2024. “Pendidikan Di Singapore: Keberhasilan Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Sistem Meritokrasi Dan Pengembangan Guru.” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 6(4):336. doi:10.17977/um027v6i42023p336.

HARTAT, HANIDA PUTRI NUR. 2022. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta Selatan.” 1–119.

Hernando, Wiowen izaaz, and Pratika Yuhyi Hernanda. 2024. “Studi Literatur Sistematis Tentang Pengaruh Konsumsi Alkohol Terhadap Penyakit Liver Kronik.” Calvaria Medical Journal 2(1):69–74. doi:10.30742/cmj.v2i1.40.

Jasminih, Muh. Wajedi Ma’ruf, Andi Nursiah. 2023. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTsN 1 Jeneponto.” REFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan 1(Desember):1–9.

Kasmawati, Kasmawati, Abdul Rahman Mus, Arief Halim, and Andi Bunyamin. 2022. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):250–73. doi:10.24252/idaarah.v6i2.30887.

KODU, RAJENDRA. 2020. “EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BOLAANG MONGONDOW TIMUR.” (932127517):461893.

Legiman. 2020. “Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri Kulon Progo.” Jurnal Pendidikan Madrasah 4(2):211–20. doi:10.14421/jpm.2019.42-09.

Mahruliana, N. Cici. 2022. “PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 3 MEDAN.” Jurnal Guru Kita PGSD 7(1):223. doi:10.24114/jgk.v7i1.44753.

Mubiarto, Akhli N. U. R. 2022. “MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) Negeri 04 Kaur.” 1–144.

Mutiara, Imelda, Zahra Khusnul Lathifah, Ridwan Haris, and Imam Kurniawan. 2024. “Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Madrasah Analysis of the Leadership Role of Madrasah Heads in Efforts To Improve Madrasah Quality.” Jurnal Sosial Humaniora 2(1):30–40.

Nurdin, Rahmawati. 2022. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTsN Kabupaten Lampung Utara Melalui Pengembangan Kompetensi Profesional Guru.” JOURNAL OF INTERDISCIPLINARY SCIENCE AND EDUCATION 2(2):2–63.

Page, Matthew J., Joanne E. McKenzie, Patrick M. Bossuyt, Isabelle Boutron, Tammy C. Hoffmann, Cynthia D. Mulrow, Larissa Shamseer, Jennifer M. Tetzlaff, Elie A. Akl, Sue E. Brennan, Roger Chou, Julie Glanville, Jeremy M. Grimshaw, Asbjørn Hróbjartsson, Manoj M. Lalu, Tianjing Li, Elizabeth W. Loder, Evan Mayo-Wilson, Steve McDonald, Luke A. McGuinness, Lesley A. Stewart, James Thomas, Andrea C. Tricco, Vivian A. Welch, Penny Whiting, and David Moher. 2021. “The PRISMA 2020 Statement: An Updated Guideline for Reporting Systematic Reviews.” The BMJ 372. doi:10.1136/bmj.n71.

Romdoniyah, Dedih, &. Aliyah. 2022. “Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan.” 01(02):131–52.

SETIAWATI, ANI. 2023. “KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG.” 1–23.

Syarif Umagapi. Adiyana Adam. 2023. “Pentingnya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pasifik Pendidikan 02(03):22.

Tapaul. 2023. “STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NW PENAKAK.” ARZUSIN 3:418–43.

Warisno, Andi. 2022. “Konsep Mutu Pembelajaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” Attractive : Innovative Education Journal 4(1):311–22.

Wibowo, Adi. 2020. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo.” Indonesian Journal of Islamic Education Management 3(2):108–16.

Wibowo, Adi, and Ahmad Zawawi Subhan. 2020. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 3(2):108–16.

Zakariah, Azakari. 2024. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI INTELEKTUAL PESERTA DIDIK.” JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA 1(September):2901–7.

Downloads

Published

2025-06-03 — Updated on 2025-06-03

Versions

How to Cite

Mubin, H., Irfani, V. P., & Salsabila, N. F. . (2025). The Role of the Head of State Madrasahs in Improving the Quality of Learning in Junior Madrasahs in Indonesia: Peran Kepala Madrasah Negeri dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 4(1), 46–56. https://doi.org/10.69966/mjemias.v4i1.344

Issue

Section

Articles