The Adversity Quotient (Aq) In The Stories Of Prophet Noah (Pbuh) And Prophet Abraham (Pbuh): An Islamic Education Perspective

Kecerdasan Adversitas (AQ) dalam Kisah Nabi Nuh AS dan Nabi Ibrahim AS: Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Fatimah Zuhriya UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan selatan
  • Fatwiah Noor UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan selatan
  • Sahibul Ardi IAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i2.278

Keywords:

Adversity Quotient, Islamic Education, Story of Prophet Noah (PBUH), Story of Prophet Abraham (PBUH)

Abstract

Salah satu kecerdasan yang dimiliki manusia adalah adversity quotient, yang merujuk pada kemampuan individu untuk menghadapi kesulitan. Banyak kasus menunjukkan bahwa orang sering gagal melihat tantangan sebagai peluang. Dalam Islam, Allah SWT telah memperingatkan bahwa hidup akan termasuk ujian, seperti bencana, godaan, kesulitan, dan hukuman. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan adversity quotient dari perspektif pendidikan Islam untuk membangun ketahanan psikologis umat Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami konsep adversity quotient dalam kerangka pendidikan Islam; dan (2) memahami adversity quotient dalam kisah Nabi Nuh dan Nabi Ibrahim dari perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini adalah studi pustaka menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data untuk studi ini mencakup dokumen, buku, dan jurnal relevan dengan topik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep adversity quotient dalam pendidikan Islam merujuk pada kemampuan individu untuk menghadapi kesulitan, mengamati, dan mengubahnya menjadi peluang. Dalam pendidikan Islam, kemampuan ini dikembangkan melalui penguatan pikiran dan hati, kesejahteraan spiritual dan fisik, serta etika. Ini diwujudkan dalam nilai-nilai pendidikan seperti kesabaran, ketahanan, ambisi, dan pengorbanan; dan (2) Adversity quotient dalam kisah Nabi Nuh mencakup enam nilai pendidikan: kesabaran, optimisme, ketekunan, ketahanan, kemurahan hati, jihad, dan pengorbanan. Sedangkan adversity quotient dalam kisah Nabi Ibrahim mencakup delapan nilai pendidikan: kepercayaan kepada Allah (tawakkal), kesabaran, rasa syukur, optimisme, ketekunan, kemurahan hati, jihad, pengorbanan, dan keteguhan (istiqamah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah B. Ilmu Pendidikan Islam. Makasar: Alauddin University Press, 2018.

Ahmad, dkk. 2021. Children’s Character Education Values in Al Qur’an. Turkish Journal of Computer and Mathematics Eduation. 12 (14): 2358-2366.

Al-Farisi, Aris Salman. 2018. Adversity Quotient dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Aksioma ad-Diniyah. 4 (2).

Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin Jilid 8, Terj.Tengku Ismail Yakub. Jakarta: Republika, t.t.

Ali Muhammad Ash Shallabi. Abraham: Bapak Para Nabi dan Kekasih Allah, Terj. Muhammad Misbah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2023.

Ali Muhammad Ash Shallabi. Noah a.s. (Peradaban Manusia Kedua), terj. Masturi Irham dan Khoeruddin Basarah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2020.

Al-Qardhawi, Yusuf. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, Ter. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Amelia, Riris, dkk. 2022. Internalisasi Kecerdasan IQ, EQ, SQ, dan Multiple Intelligeences dalam Konsep Pendidikan Islam (Studi Pendekatan Psikologis). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam al Idarah. 7 (2): 34-43.

Amrie, M. Abduh. 2017. Meneladani Kesabaran dan Ketabahan Rasul Ulul ‘Azmi dalam Berdakwah: Studi Kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Jurnal Alhadharah: Jurnal Dakwah. 11 (22): 97-117.

An-Naisaburi, Abul Qasim Abdul Karim Hawazin al-Qusyairi. Risalah Qusyairiyah, Terj. Umar Faruq. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Ar-Razi, Muhammad Abi Bakr. Mukhtar as-Sihah. Dar al-Ma’rifah: Beirut, 2005.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al Manhaj. Bairut: Dar al-Fikr, 1991.

Cipto, Hendra. Kompas, Remaja yang Culik dan BuNoah Bocah 11 Tahun Sering Dimarahi Orangtuanya, Ingin Cepat Kaya dengan Jual Organ Tubuh Korban, diakses pada laman https://makassar.kompas.com/read/2023/01/10/205609078/remaja-yang-culik-dan-buNoah-bocah-11-tahun-sering-dimarahi-orangtuanya, 05 September 2024 pukul 12:33 WITA.

Da’if, Syauqi. Al-Mu’jam al-Wasit cet. V. Mesir: Maktabah al-Syuruq al-Dauliyyah, 2011.

Daroini, Mustajib dan Tutik Hamidah. 2021. Musibah dalam Perspektif Al Qur’an (Pendekatan Tafsir Maudhu’i), Jurnal Quran and Hadith Studies. 10 (2): 203-222.

Fadilla, Nurul. Adversity Quotient dalam Praktik Shalat Tahajud Santri Ponpes Putri di Rembang. Skripsi, Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus, 2022.

Harahap, Siti Menanti Ito. Kisah Nabi Noah dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Analisis al Mu’minun Ayat 31 dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azim Karya Ibnu Katsir). Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam (Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia). Medan: LPPPI, 2016.

Hurasman, Otong. Bercermin pada Nabi Abraham. Jakarta: Perspektif, 2016.

Karimullah, Suud Sarim. 2023. Holistic Approach in Islamic Education to Improve Mental Health. Educare: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan. 1 (1): 1-10.

Lubis, Sufrin Efendi. 2017. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah Nabi Noah a.s. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3 (1): 21-38.

Mahmudah, Kharisma Norr Latiful dan Suyadi. 2020. Akal Bertingkat Ibnu Sina dan Taksonomi Bloom dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam. 5 (1): 121-138.

Maradewa, Rega. KPAI, Update Data Infografis KPAI-Per 31-08-2020, dalam https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020 yang diakses pada 06 September pukul 20:48 WITA.

Markus, dkk. 2023. Integration of Tringo Concept Ki Hajar Dewantara in Development of Islamic Education Learning Evaluatio. Al-Hayat: Journal of Islamic Education. 7 (2): 544-558.

Mustofa, Fuadul dan Sutrisno. 2023. Meneladani Cara Berdakwah Nabi Ulul Azmi dalam Al-Qur’an. Innovative: Journal of Social Science Research. 4 (1): 531-547.

Nadzimah, Imalarun. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kisah Nabi Abraham (Kajian Tafsir Surat Ash Shafat ayat 100-111). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

Nurshabrina, Qonita. 2021. Dakwah Nabi Noah ‘alaihissalam: Studi Tafsir Tematik Dakwah Nabi Noah dalam Surat Noah. Ululul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. 1 (2): 19-26.

Rahman Pathu. 2018. Konsep Istiqamah dalam Islam. Jurnal Studi Agama. 2 (2): 89-97.

Ritongga, Khoirul. Makna Kata Fitnah dalam Al-Qur’an Analisis Penafsiran Al-Sya’rawi. Skripsi. Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, 2021.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Bantul: LKiS Yogyakarta, 2009.

Sapardi dan Akhmad Sahrandi. 2021. Mengenal Konsep Daniel Goelman dan Pemikirannya dalam Kecerdasan Emosi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 1 (1): 17-36.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Amanah. Jakarta: Pustaka Kartini, 1992.

Stoltz, Paul G. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, Terj. T. Hermaya. Jakarta: Grasindo, 2020.

Tamsil, Ilma Saakinah. 2022. Pesan Pantang Menyerah dan Ikhlas Melalui Teknik Sinematografi pada Film “Nusa The Movie 2021. Calacitra: Jurnal Film dan Televisi. 2 (2): 9-19.

Wahyuni, Geo, dkk. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Visual Ditinjau dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 7 (2):289-295.

Published

2024-12-07

How to Cite

Fatimah Zuhriya, Fatwiah Noor, & Sahibul Ardi. (2024). The Adversity Quotient (Aq) In The Stories Of Prophet Noah (Pbuh) And Prophet Abraham (Pbuh): An Islamic Education Perspective: Kecerdasan Adversitas (AQ) dalam Kisah Nabi Nuh AS dan Nabi Ibrahim AS: Perspektif Pendidikan Islam. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(2), 56–65. https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i2.278

Issue

Section

Articles